Bangunan Cagar Budaya di Kabupaten Bandung Barat Siap dikembangkan

- 10 Agustus 2020, 02:42 WIB
FOTO udara Gedung Isola yang merupakan cagar budaya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Rabu, 11 September 2019.* /ANTARA /.*(foto Pikiran Rakyat)

JURAL TRIP - Cagar budaya merupakan salah satu obyek wisata yang bisa di kembangkan. Bandung Raya termasuk salah satu kawasan yang memilki ratusan cagar budayayang masih perlu di kembangkan. Rentetan bangunan cagar budaya yang ada di Bandung Raya, 152 diantaranya ada di Kabupaten Bandung Barat. Lokasi yang memiliki nilai sejarah ini, sangat berpotensi berkembang menjadi obyek wisata cagar budayayang menawan dan menarik perhatian wisatwan.

Kabupaten Bandung Barat yang kaya akan bangunan cagar budaya, memiliki 10 bangunan cagar budayayang menarik menjadi obyek wisata edukasi bagi para wisatawan asing, lokal dan domestik. Rata-rata bangunan cagar budayayang ada di Kabupaten Bandung Barat merupakan bangunan sejarah peninggalan masa kolonial.

Bangunan dengan desain Hindia Belanda, di Bandung Raya atau pun Kabupaten Bandung Barat menandankan bahwa kehidupan masa lalu Ibu Kota Jawa Barat ini betul-betul menarik perhatian kaum kolonial untuk mendesain kawasan Bandung dengan arsitektur Hindia Belanda, maka tak aneh bila bangunancagar budayapeninggalan kolonial mudah di temukan di kawasan Bandung Barat.

Baca Juga: Tips Bagi Wisatawan Saat Melancong ke Luar Negeri

Dorongan untuk melestarikan obyek wisata cagar budayaberupa bangunan atau yang lainnya, perlu dipriorotaskan oleh pemerintah setempat. Pasalnya, obyek wisata cagar budaya ini sangat memungkinkan memperkaya nilai-nilai sejarah yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com dengan artikel berjudul “Bandung Barat Memiliki 10 Bangunan Cagar budayayang Menungu Kunjungan Wisatawan” Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat Aa Wahya menuturkan, pihaknya telah mencatat bangunancagar budaya di Kabupaten Bandung Barat dan menyiapkan plang tulisan.

"Sepuluh bangunan cagar budayatersebut sudah kami inventarisasi dan akan dipasang plang pekan depan. Setelah dipasangi plang, kami harap masyarakat tersosialisasikan mengenai keberadaan cagar budayatersebut," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Benarkah Tak Boleh Mengenakan Pakaian Hijau ke Obyek Wisata ke Pelabuhan Ratu

Kesepuluh bangunan cagar budayapeninggalan pemerintan Hindia-Belanda tersebut yaitu:
1. Observatorium Bosscha,
2. Benteng Cikahuripan
3. Stasiun Cilame
4. Stasiun Cikadongdong
5. PT Kertas Padalarang
6. Rumah Dinas PT Kertas Padalarang
7. Stasiun Sasaksaat
8. Terowongan Kereta Sasaksaat
9. Industri Hilir Teh Pangleujar
10. Stasiun Tagogapu

Sejumlah bangunan tersebut ditetapkan menjadi cagar budayadi antaranya karena usia bangunan sudah lebih dari 50 tahun.

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X