Mitos Atau Fakta : Kilas Sejarah Curug Cinulang Terkait Kisah Asmara

- 11 Agustus 2020, 11:27 WIB
Curug Cinulang atau Curug Sindulang Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang /

Jurnal Trip - Mendengar tempat wisata Curug, warga kota Bandung dan sekitarnya sudah pasti sudah tidak asing dengan salah satu destinasi wisata Curug Cinulang atau Curug Sindulang Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Wisata Curug Cinulang yang berlokasi di perbatasan antara wilayah kabupaten Sumedang dan Bandung Timur ini masih menjadi tempat yang dipopulerkan bagi wisatawan. Selain rute yang mudah di datangi, lokasi Curug Cinulang dengan kota Bandung hanya berjarak 1,5 KM melalui jalur Tol Cileunyi. Harga tiket masuk pun sangat terjangkau, hanya RP 5.000 perorang.

Baca Juga: Destinasi Wisata ke Old Trafford Markas Setan Merah Manchester United

Hingga saat ini, Curug Cinulang masih menjadi tempat dengan ikonik dengan keindahan panorama derasnya dua pasang air terjun yang tingginya kurang lebih 30 meter, membuat percikan air yang menguap keudara menimbulakn pelangi alami yang dapat memanjakan mata, serta di tambah suasana alam yang masih asri dan segar, menjadikan Curug Cinulang menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga.

Adapaun sedikit kisah dari warga setempat, asal mula Curug Cinulang sering bermula dinamakan Sindulang. Karena berasal dari kata “Dulang” yang berarti tempayan. Berarti air terjun ini mirip seperti air yang ditumpahkan dari tempayan.

Baca Juga: Terungkap : Asal Usul Batu Kuda Selimuti Sejarah Kelam

Curug Cinulang atau Curug Sindulang sejatinya dari zaman dahulu hingga saat ini masih menyimpan kisah mitos yang melekat dan masih di percayai hingga detik ini. Salah satunya, terkait tentang misteri bahwa setiap sepasangan kekasih yang sedang menjalin percintanya atau menjalani menuju proses menuju pernikahan, mendatangi Curug Cinulang, maka jalinan kasih mereka akan putus di tengah jalan atau berakhir sebelum sempat naik ke jenjang pernikahan dalam kurun waktu tidak lama.

Namun selain itu, Wisata Curug Cinulang ini memiliki ke unik dan misteri lainnya yang justru kebalikan dari misteri di atas, hal di yakni masyarakat pribumi, apabila pengunjung baik laki atau perempuan lajang yang datang ke tempat Curug Cinulang secara perseorangan, maka pengunjung terseut jika berkenalan dengan lawan jenis akan mudah menemukan sekaligus mendapatkan pasangan kasih. Bahkan hingga menjenjang ke pelaminan.

Baca Juga: Bangunan Cagar Budaya di Kabupaten Bandung Barat Siap dikembangkan

Percaya atau tidak, mitos yang di gamblangkan diatas hingga saat ini masih menjadi tetap misteri dan belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun, selama anda tidak meyakini, mitos tersebut dapat dipatahkan.***

Halaman:

Editor: Gery Cipta Sebangun


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X