Berziarah di Kampung Adat Dukuh Kabupaten Garut

- 14 Agustus 2020, 18:37 WIB
Ilustrasi: destinasi wisata kampung adat sunda/ /pixabay/panjiarista/

JURNAL TRIP - Kampung adat Dukuh merupakan kampung adat yang bernuansa Islam. Menjungjung tinggi adat istiadat dan tata kerama, kampung adat yang berada di Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Di Kampung Dukuh, memiliki satu upacara yaitu ziarah ke makam karomah, yaitu pendiri Kampung Dukuh Syekh Abdul Jalil. Kegiatan ini diselengarakan pada Hari Sabtu, dan para tamu biasanya datang di hari sebelum hari Sabtu.

Ketika datang, biasanya para tamu langsung menghadap Kuncen atau biasa di panggil Mama Uluk untuk memberitahu maksud dan tujuan kedatangannya.

Baca Juga: Kampung Dukuh, Menjungjug Tinggi Adat dan Agama Islam

Biasanya, tamu dari luar kota dipersilahkan menginap di rumah kuncen atau di rumah masyarakat. Sebelum berangkat ziarah, paa tamu akan disuguhkan penjelasan asal muasal Kampung tersebut dan kekaromahan dari Syekh Abdul Jalil.

Memasuki hari Sabtu, Masyarakat Kampung Dukuh dan para tamu diwajibkan berkumpul di rumah Kuncen untuk mendengarkan langsung arahan dan tata cara berziarah.

Kemudian para peziarah diarahkan ke pemadian untuk mandi besar, mmbersihkan diri kemudian berwudhu. Tentu laki-laki dan perempuan dipisahkan.

Setelahnya, semua peziarah diberi tahu tentang tata etika berpakian untuk berziarah. Bagi laki-laki diwajibkan menggunakan pakaian takwa putih atau hitam yang polos, sarung polos (bukan batik), dan tidak memakai celana dalam.

Baca Juga: Simak, 5 Fakta Menarik Upacara Adat di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Sedangkan bagi perepmpuna, diwajibkan menggunakan kebaya polos, sarung polos atau kainsejenis tidak bermotif, dan kerudung polos.

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X