Ini Rute dan Bocoran Serunya Berwisata di Goa Jepang dan Goa Belanda di Bandung

- 15 Agustus 2020, 08:20 WIB
goa belanda /Phinemo

JURNAL TRIP - Bagi anda pecinta wisata sejarah sekaligus wisata misteri, maka berkunjunglah ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda,  Bandung.

Di kawasan wisata ini, anda bisa mengunjungi dua situs sejarah yang jaraknya tidak begitu berjauhan, yakni Goa Belanda dan Goa Jepang.

Dua goa ini menjadi saksi bisu bagaimana peristiwa penjajahan yang di alami negara Indonesia yang dilakukan Belanda dan Jepang.

Baca Juga: Berziarah di Kampung Adat Dukuh Kabupaten Garut

Untuk menuju ke Goa Belanda, anda bisa menempuh perjalanan 1 kilometer dari pintu masuk Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda melalui gerbang Dago Pakar.

Jangan khawatir, meski jalannya sedikir menanjak, anda tidak akan merasa rugi lantaran akan ditemani hijaunya pepohonan dengan udara sejuk.

Belum lagi kalau anda beruntung, anda bisa bertemu aneka satwa, seperti burung liar, monyet hingga tupai.

Baca Juga: Ragam Kuliner di Purwakarta Bikin Orang Susah Lupa

Goa Belanda ini didirikan pada tahun 1912 oleh kolonial Belanda. Awal mulanya Goa ini merupakan sebuah terowongan yang digunakan untuk menyadap aliran air sungai Cikapundung yang digunakan oleh PLTA Bengkok.

Terowongan yang kini diebut Goa Belanda ini sendiri berdiri sepanjang 144 meter, dengan lebar 1,8 meter. Dan untuk memperkuat kegiatan militer Belanda pada zamannya, dibangunlah jaringan goa sebanyak 15 lorong dan dua pintu masuk setinggi 3,2 meter.

Halaman:

Editor: Maresa Mtd


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X