Monumen Lawang Gintung di Taman Makam Pahalawan Bandung , Aset Sekaligus Simbol Budaya Sunda

- 16 Agustus 2020, 09:00 WIB
Lawang Gintung /Jurnal Trip/

JURNAL TRIP - Monumen Lawang Gintung yang ada di Taman Makam Pahlawan Kota Bandung merupakan salah satu bangunan yang menyimpan banyak filosofi dan makna, terutama bagi masyarakat Sunda.

Semestinya monumen ini menjadi simbol dan cagar budaya bagi masyarakat Sunda. Bahkan monumen tersebut masih belum diketahui banyak orang dan belum menjadi referenasi pengetahuan bai masyarakat luas khusunya Bandung.

Budayawan, seniman sekaligus putra dari arsitektur monumen Lawang Gintung Raden Lalam Wiranatakusumag, Dama Wiranatakusumah mengatakan, monumen Lawang Gintung memrupakan bangunan yang menyimpan banyak pengetahuan tentang keluhuran budaya Sunda.

Baca Juga: Intip Sejarah Monumen Lawang Gintung di Taman Makam Pahlawan Kota Bandung

“Jika, ada rasa keingintahuan tentang monumen tersebut, tentunya kita pasti akan mendapatkanbukti bahwa Lawang Gintung merupakan aset yang bisa dijadikan refensi sejarah bagi pelajar atau masyarakat Bandung,” katanya saat dihubungi, Minggu, (16/8/2020).

Baginya, keberadaan Lawang Gintung mesti diapresiasi oleh pemerintah setempat sebagai salah satu cagar budaya masyarakat Jawa Barat. Bahkan Dama mengusulkan bangunan ornamen dari Lawang Gintung menjadi identitas bagi perkantoran dan gedung dinas yang ada di Jawa Barat khususnya Bandung.

“Kalau sudah menjadi identitas, maka kita sebagai masyarakat Sunda tidak akan kehilangan jati diri, bahakan akan memiliki banyak pondasi untuk menyortir budaya luar yang datang. Baiknya, gedun-gedung dinas bisa menggunakan aristektur serupa sebagai simbol rasa kepemilikan kepada kusumah,” ujarnya.

Baca Juga: Simak, 8 Fakta Menarik Letjen TNI (Purn) Achmad Wiranatakusumah Pimpinan Batalyon Siluman Merah

Raden Lalam Wiranatakusumah berserta Panglima Kodam III Siliwangi pada saat itu Mayjen TNI (Purn) Iwan Ridwan Sulanjana (2002-2005) berinisiasi untuk membangun monument tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan dan kusumah bangsa yang rela berkorban demi Nusa Bangsa.

Sejarah Lawang Gintung

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X