Curug Layung Obyek Wisata Murah dengan Ragam Panorama

- 9 Agustus 2020, 15:27 WIB
Curug Layung Desa Kertawangi Kecamatan Ciarua Kabupaten Bandung Barat /tempatwisatabandung.info

JURNAL TRIP - Bandung Raya memiliki ragam tempat wisata, salah satunya air terjun atau Curug (dalam Bahasa Sunda). Tercatat di Kabupaten Bandung Barat, ada 6 tempat wisata curug dengan nuansa alamnya yang memanjakan mata, salah satunya adalah Curug Layung. Curug Layung terletak di Kaki Gunung Burangrang, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Obyek wisata Curug di Kabupaten Bandung Barat ini, tidak hanya difungsikan sebagai tempat wisata saja, pernah juga digunakan untuk pelatihan Pasukan Khusus Angkatan Darat Kopassus. Memang selain wahana air terjun atau curug, wilayah Kabupaten Bandung Barat kaya akan hutan yang masih bisa dijadikan media untuk pelatihan mental, atau pengkaderan organisasi. Termasuk hutan yang ada disekitaran obyek wisata Curug Layung.

Meski sempat ditutup pada tahun 2012 oleh Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Bandung Utara dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, obyek wisata Curug Layung pun kembali di buka, sebab obyek wisata ini masih menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan domestik juga manca Negara.

Baca Juga: De Ranch Obyek Wisata Ala Koboi Western

Ukuran Curug Layung memang tidak teralu besar dan fantastis. Namun, keasrian hutan, pemandangan hijau dan kebersihan airnya mampu menyudahi dahaga para pengunjung.

Curug ini merupakan, obyek wisata air paling hulu diantara obyek wisata curug lainnya yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Obyek wisata Curug Layung berdiri diantara bebatuan yang menyerupain sengkedan sawah (berundak), air yang mengalir berasal dari Situ Lembang.

Meski terbilang kecil, Curug layung memiliki tiga tingkatan dan masing-masing menawarkan kenimatan tersendiri. Tingkat Pertama, merupakan curug utama dengan telaga berukuran sedang, curug pertama adalah sumber dari curug-curug selanjutnya, di tingkat ini kejernihan air tentunya akan menggoda para pengunjung untuk segera bersentuhan dengan kesegaran air aliran Situ Lembang.

Tak kalah jernih, di tingkat ke dua terdapat satu curug berukuran kecil yang mengaliri telaga dengan bentuk memanjang. Biasanya, curug tingkat kedua ini menjadi wahana anak-anak.

Tingkat ketiga merupakan primadona para pengunjung, pasalnya, di level ketiga ini curug menyerupai Air Terjun Niagara yang ada di Amerika, maka tak aneh jika parawisatawan menyebutnya “Niagara Kecil”. Curug paling akhir ini, membuat para pengunjung memilih, sebab terdapat empat ailiran curug yang menghasilkan telaga dangkal dengan dikhiasi bebatuan kecil.

Selain Panorama air terjun, obyek wisata ini juga menawarkan keeksotisan hutan pinus. Obyek wisata curug layung memang difungsikan sebagai area perkemnahan. Tak aneh, jika para diperjalan selalu menemukan tenda. Lokasi bumi perkemahan di curug layung dikelilingin oleh hutan pinus yang menwan, jika memutuskan untuk bertenda atau bermalam di sana, ketika pagi hari wisatawan akan disuguhkan dengan embun yang menempel di deaunan pohon pinus, pemandangan yang menyegarkan mata juga bagus untuk diabadikan kamera.

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X