Intip Sejarah Monumen Lawang Gintung di Taman Makam Pahlawan Kota Bandung

- 14 Agustus 2020, 15:58 WIB
Lawang Gintung /Jurnal Trip/

JURNAL TRIP - Siapa yang pernah berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kota Bandung ? memang mendengar kata “makam” kita akan langsung berpikir dengan suasan angker dan hal-hal berbau mistis.

Tapi jangan salah, Taman Makam Pahlawan Kota Bandung yang berlokasi di Jalan Cikutra, Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat ini menyimpan bangunan yang kaya akan sejarah.

Jika anda datang ke sana, anda akan menemukan tugu seperti angka sebelas dan hamparan nisan bangga para pahlawan. Tapi bukan itu, teruslah masuk ke dalam tepat di tengah-tengah Taman Makam Pahlawan anda akan menemukan monumen yang kaya akan sarat juga filosifi yang disebut Monumen Lawang Gintung. Bahkan, pada tahun 2018 Presiden Jokowi pernah berdoa di depan monumen tersebut.

Baca Juga: Mengenal Batalyon Siluman Merah, Pasukan Pamungkas Kodam III Siliwangi

Monumen Lawang Gintung di Taman Makam Pahlawan di arsitekturi oleh seorang Budayawan, intelektual dan Seniman kawakan asli tanah Sunda dia adalah Raden Lalam Wiranatakusumah.

Raden Lalam Wiranatakusumah berserta Panglima Kodam III Siliwangi pada saat itu Mayjen TNI  (Purn)Iwan Ridwan Sulanjana (2002-2005) berinisiasi untuk membangun monument tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan dan kusumah bangsa yang rela berkorban demi Nusa Bangsa.

Lawang Gintung
Lawang Gintung

Meski di resmikan oleh Pangdam selanjutnya, hingga kini monumen yang menjadi ciri khas bangunan masyarakat Sunda ini masih tegak berdiri. 

Sejarah Lawang Gintung

Bangunan Lawang Gintung merupakan bagian intregritas dari wilayah kadaton Sri Bima Punta Narayana Madura Suradipati berfungsi sabagai gerbang utama memasuki wilayah kedaton atau ibu kota kerajaan.

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X