Catat, 4 Destinasi Sejarah di Papua yang Wajib di Kunjungi

- 15 Agustus 2020, 12:00 WIB
ILUSTRASI keragaman suku di Papua.* /Kemenparekraf/

JURNAL TRIP - Selain terkenal dengan destinasi wisata pantainya, Papua memiliki berbagai macam wisat sejarah yang kaya akan edukasi dan bernuansa pendidikan.

Bahkan destinasi sejarah di Papua kerap kali dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara mereka datang ke kota ini, untuk menikmati keindahan wisata yang ada di Papua ini. Memang ada banyak sekali ragam jenis destinasi wisata di Papua yang bisa kita kunjungi, sebagai destinasi liburan yang menyenangkan.

Berikut destinasi wisata sejarah di Papua :

Baca Juga: Nikmati Wisata Sejarah di Kampung Pulo Garut

1. Tugu Pepera

Tugu ini memilki sejarah yang penting bagi Papua. Setiap sudutnya memiliki banyak nilai dan cerita sejarah. Tugu ini sangat bersejarah, karena merupakan salah satu tugu yang memperingati masuknya papua kedalam bagian NKRI. Pada tahun 1962 PBB secara tegas menyerahkan Papua kepada Indonesia, hal ini dibuktikan dengan penandatanganan perjanjian New York antara Indonesia dengan Belanda.

2. Pulau Owi

Pulau ini memang menjadi Primadona bagi wisatwan yang menyukai pantai, banyak yang mengatakan pualu Owi merupakan surga tersembunyi di Papua. Namun, tempat ini menyimpan salah satu cagar budaya yang penuh sejarah yaitu, sebuah landasan pacu pesawat yang kini telah dibiarkan terlantar. Landasan pacu ini sendiri dibangun oleh tentara Sekutu guna mengalahkan tentara Jepang di kawasan Pasifik dan Asia Tenggara.

Baca Juga: Tak Kalah Dengan Pantai, 5 Air Terjun Di Pulua Dewata Yang Sangat Indah

3. Pulau Mansinam

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X