Yuk Kunjungi Makam Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Disana Ada Perpustakaanya Loh

- 16 Agustus 2020, 18:59 WIB
Makam Soekarno /

Jurnal Trip - Mendengar nama Soekarno atau yang sering di panggil akrab Bung Karno, pasti akan teringian sosok proklamator kemerdekaan masih melekat di ingatan setiap rakyat Indonesia. Soekarno yang merupakan bapak Presiden pertama Negara Indonesia menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di Kota Blitar, berdampingan dengan makam kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei.

Adapun lokasi pemakaman Bung Karno terletak di di Jl. Slamet Riyadi, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar. Pemakaman Bung Karno yang berbentuk joglo atau rumah khas Jawa, yang disebut dengan Cungkup Astana Mulyo.

Baca Juga: Belanda Masih Menyita Banyak Artefak Asli Kebudayaan Indonesia. Mari Kita Lihat Apa Saja Yah

Semenjak berpulangnya kepada sang pencipta, hingga saat ini makam Bung Karno yang memiliki luas wilayah kurang lebih 1,8 hektare dijadikan destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun nasional, terutama di hari besar Indonesia untuk memanjatkan doa kepada sang proklamator.

Selain tempat peristirahatan terakhir Soekarno, di sekitaran makam telah ditambahi beberapa fasilitas seperti perpustakaan dan museum mini yang terbuka bagi masyarakat, mushola dan tempat beristirahat bagi para pengunjung. Di dalam perpustakaan tersebut terdapat informasi lengkap terkait perjuangan Bung Karno dimasa hidupnya.

Baca Juga: Ini Klarifikasi dan Permintaan Maaf Gofar Hilman Terkait RUU Cipta Kerja

Adapun tulisan nisan Bung Karno yang terbuat dari batu pualam besar yang berwarna hitam ini, berisikan kalimat “Di sini dimakamkan Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat”.***

Editor: Gery Cipta Sebangun


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X