Gombyang, Kudapan Khas Indramayu yang Sempat Jadi Limbah, Kini Jadi Berkah

- 9 Agustus 2020, 23:38 WIB
GOMBYANG merupakan makanan khas Kabupaten Indramayu. Makanan berbahan dasar kepala ikan Manyung itu awalnya tak dilirik masyarakat. */GELAR GANDARASA/PR /Gelar Gandarasa/

 

JURNAL TRIP - Ada yang pernah melancong ke Indramayu? Kalau sudah tentunya kudapan bernama Gombyang sudah tak asing lagi. Kuliner khas Indramayu yang diolah dari kepala Ikan Manyung atau sering disebut Ikan Jambal Roti kini melekat di lidah para traveler.

Di Indramayu, atau tepatnya di sepanjang Pantai Karangsong mudah untuk menemukan rumah makan atau restoran yang menghidangkan Gombyang di menu andalannya.

Rasanya yang gurih, dipadupadankan dengan tekstur isi kepala Ikan Manyung ditaburi beragam bumbu rempah menjadi intrik menarik untuk membuat wisatawan ingin lagi kembali ke Indramayu.

Baca Juga: Musisi Sekaligus Vokalis Band Hardcore Punk yang Hobi Makan dan Wisata Kuliner


Masyarakat sekitar pesisir pantai di Indramayu memang berhasil menyulap kepala ikan jambal roti yang biasanya menjadi 'limbah' menjadi kudapan lezat yang kini banyak penggemarnya.

Mulanya, kepala Ikan Manyung atau Ikan Jambal Roti kerap dibuang karena dianggap tak bernilai. Namun, berkat kejelian dan kemampuan pengolahan makanan yang nomor wahid warga pesisir pantai di Indramayu, 'limbah' ini menjadi berkah yang menghadirkan nafkah bagi yang menggelutinya.

Menurut warga sekitar Indramayu, nama Gombyang secara bahasa warga sekitar artinya besar. Memang kepala Ikan Jambal Roti ini disajikan dalam ukuran besar sehingga dalam satu porsi hanya berisi setengah potong kepala ikan saja dan bisa membuat anda kenyang seharian.

Baca Juga: Ingin Belajar Sambil Selfie Bareng Satwa? Lembang Zoo Tempatnya!

Dalam mengolahnya, Ikan Jambal Roti dikukus terlebih dahulu sebelum dibumbui. Setelah matang, ikan kemudian diberi "ramuan" seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, asam Jawa, tomat, dan cabe rawit. 

Halaman:

Editor: Maresa Mtd


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X