Lotek Alkateri, Kuliner Wajib saat ke Bandung

- 12 Agustus 2020, 19:42 WIB
Lotek Alkateri /

JURNAL TRIP - Bandung seakan tak henti menyuguhkan keragaman cita rasa yang membuat wisatawan tak bosan datang ke Kota Kembang.

Salah satunya adalah Lotek Alkateri. Lotek ini dengan mudah ditemui di Jalan ABC Kota Bandung.

Lotek yang menjadi kuliner khas sunda ini terbuat dari sayur mayur yang disuguhkan dengan diraman bumbu kacang, sepintas mirip gado-gado.

Lotek Alkateri, selain dikenal sebagai ikon kuliner legendaris di Bandung, juga memiliki ciri khas dalam penyajiannya. Penyajianya menjadi salah satu daya tarik masyarakat Bandung untuk membeli makanan khas sunda ini, yakni tidak disajikan dalam sebuah piring namun disajikan dengan bungkus `cangkedong'.

Baca Juga: Wow, Ada Burger Isi Daging Domba Garut, Gimana Rasanya Ya?

"Ini namanya bungkusan cangkedong. Bentuknya jadi seperti corong es krim, kalau dulu tahun 80-an masih menggunakan daun kelapa. Beda sama sekarang, udah pake kertas nasi, hanya bagian dalamnya yang pake daun," kata Oom yang merupakan istri dari anak pemilik Lotek Alkateri.

Lotek Alkateri pun, mempunyai komposisi yang berbeda dengan lotek-lotek yang lain.

"Bukan sayuran, bumbu dan cabai rawit yang diulek. Di sini diberi tambahan kerupuk, jadi kerupuk sudah menyatu dengan loteknya. Supaya makannya juga enggak ribet," Ucap Oom.

Oom menambahkan, perbedaan dengan lotek yang lain pun berada pada cita rasanya. Pelanggan dapat memilih menu lotek biasa pada umumnya atau menu pahit.

Baca Juga: Ini Rahasia Resep Kualitas Gudeg Khas Yogyakarta Milik Almarhum Mbah Linu

Halaman:

Editor: Maresa Mtd

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X