Puasa Ramadhan 2021/1442 H Sebentar Lagi, Berikut Ini Doa-Doa Menyambut Bulan Suci yang Rasulullah SAW Amalkan

- 8 April 2021, 10:10 WIB
Nabi Muhammad SAW mengamalkan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan sebagai sunnah. Doa ini membuat umat muslim yang membaca lebih merasa siap dengan kedatangan bulan Ramadan. Begitu juga diri selalu diliputi kebaikan dan dijanjikan pahala yang melimpah.*/pixabay/darwisalwan /

JURNALTRIP - Bulan suci Ramadhan 2021 sebentar lagi, khususnya puasa Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling ditunggu umat Islam. Puasa Ramadhan tentu saja tetap akan dijalani meskipun tahun ini masih dalam situasi Pandemi Corona.

Jika mengutip kalender Hijriyah PBNU dan Muhammadiyah, 1 Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada 13 April 2021. Namun kepastian 1 Ramadhan akan dipastikan kembali Pemerintah Indonesia melalui sidang isbat 12 April 2021 nanti.

PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa Wage, 13 April 2021. Sesuai Maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah tersebut, maka ibadah puasa Ramadhan akan mulai dijalankan pada 13 April mendatang. Dengan begitu, 1 Syawal 1442 Hijriah atau hari raya Idulfitri akan jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Ada banyak doa-doa menyambut bulan suci Ramadan yang selalu Rasulullah SAW amalkan. Bukan hanya sebagai bentuk syukur dan suka cita dipertemukan dengan bulan Ramadan selanjutnya, tetapi agar keberkahan selalu menyertai.

Nabi Muhammad SAW mengamalkan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan sebagai sunnah. Doa ini membuat umat muslim yang membaca lebih merasa siap dengan kedatangan bulan Ramadan. Begitu juga diri selalu diliputi kebaikan dan dijanjikan pahala yang melimpah.

 

Doa Rasulullah SAW Menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Mendekati bulan Ramadan, dianjurkan bagi umat Islam untuk bersuka cita dalam hati. Tidak lupa untuk membaca doa-doa menyambut bulan suci Ramadan, agar semakin mendapat keberkahan.

Berdasarkan hadist riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami, berikut bacaan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan yang diamalkan oleh Rasulullah SAW:

Halaman:

Editor: Gery Cipta Sebangun


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X