Simak, 8 Fakta Menarik Letjen TNI (Purn) Achmad Wiranatakusumah Pimpinan Batalyon Siluman Merah

- 14 Agustus 2020, 17:07 WIB
Letjen TNI (purn) Achmad Wiranatakusumah Komandan Batalyon Siluman Merah /

JURNAL TRIP - Letjen TNI (Purn) Achmad Wiranatakusumah merupakan sosok yang berkontribusi penuh saat perjuangan mempertahankan dan merebut kemerdekaan Repbulik Indonesia.

Bersama rakyat dan pasukannya yang disebut Batalyon Siluman Merah, Achmad Wiranatakusumah berjuang dan bergriliya di gunung-gunung Kabupaten Bandung. Soreang, Ciwidey, Majalaya, Banjaran dan Barutunggul merupakan basis pertahanan dan markas dari Batalyon legendaris miliki Kodam III Siliwangi.

Dalam Buku Batalyon Siluman Merah Karya Aam Tara, R.H. Sastra Negara dan Iip D. Yahya sosok Achmad wiranatakusumah merupakan Jendral yang rendah hati. Meski berdarah “menak”, pendiri Kostrad ini memiliki leadersip yang baik dan jiwa merakyat yang luas.

Baca Juga: Mengenal Batalyon Siluman Merah, Pasukan Pamungkas Kodam III Siliwangi

Meski seorang prajurit TNI dan veteran perang kemerdekaan, sebagai manusia biasa Achmad Wirantakusumah memiliki banyak prestasi dan hal yang menarik untuk diketahui, berikut beberapa hal mengenai Letjend TNI (Purn) Achmad Wirantakusumah.

Keturunan Dalem (Bupati) Bandung

Raden Achmad Wiranatakusumah lahir di Bandung pada 11 Oktober 1925 dari pasangan Raden Aria Adipati (R.A.A) H. Muharam Wiranatakusumah Dalem (Bupati) Bandungyang juga seorag ulama dan seniman dengan Raden (R.A) Sangka Ningrat, Keturunan Bupati Sumedang.

Meski memilki darah ningrat, Achmad tumbuh dengan jiwa kepemimpinan yang merakyat, hal itu menjadi modal utama Achmad begitu dikenal dimkalangan pejuang dan mampu memimpin Batalyon Siluman Merah.

Baca Juga: Mengenal Sosok Achmad Wiranatakusumah Pejuang Jawa Barat dan Komandan Batalyon Legendaris

Memiliki Hubungan yang unik dengan Mantan Presiden Soeharto

Halaman:

Editor: M Elgana Mubarokah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X