Cek Fakta, Benarkah Orang dengan Golongan Darah O dan B Berisiko Rendah Terpapar Covid-19?

- 18 Oktober 2020, 21:37 WIB
Covid-19 /

JURNAL TRIP - Benar kah orang dengam golongan darah tertentu memiliki risiko lebih rendah terpapar Covid-19? Ini Jawabannya.

Dikutip dari Antaranews.com, dua penelitian terbaru menemukan bahwa orang dengan golongan darah O atau B memiliki risiko lebih rendah terkena virus corona dan tidak mengalami sakit parah ketika mereka terinfeksi COVID-19.

Baca Juga: Alhamdulilah, Selain Favipiravir Masih Ada Vaksin Covid-19 Buatan Anak Negeri, Ampuh Usir Corona.

Salah satu studi baru di antaranya secara khusus menemukan bahwa pasien COVID-19 dengan tipe darah O atau B menghabiskan lebih sedikit waktu di unit perawatan intensif daripada rekan mereka dengan Tipe A atau AB.

Mereka juga cenderung tidak membutuhkan ventilasi dan cenderung tidak mengalami gagal ginjal.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Bernama Favipiravir, Racikan Farmasi Anak Bangsa, Siap Berantas Corona

Dua studi baru yang diterbitkan di jurnal Blood Advances pada 14 Oktober lalu itu menguatkan penelitian sebelumnya mengenai darah tipe O, di mana orang dengan golongan darah O atau B tidak mengalami sakit parah ketika terinfeksi COVID-19.

Pada peneliti di Universitas British Columbia, Kanada, mengamati 95 pasien COVID-19 yang sakit kritis di rumah sakit di Vancouver, antara Februari hingga April.

Baca Juga: Nonton Live Streaming MotoGP Aragon 2020: Maverick Vinales Memimpin Balapan

Mereka menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O atau B rata-rata menghabiskan 4,5 hari lebih sedikit di unit perawatan intensif dibandingkan dengan mereka yang memiliki darah golongan A atau AB.

Halaman:

Editor: Maresa Mtd

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X